Strategy of TOEFL
Sebelum
itu, mari kita bahas sedikit mengenai TOEFL (Test of English as a Foreign Language) itu sendiri. TOEFL adalah
tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang yang bahasa asingnya
termasuk bahasa Inggris. Jadi, pesertanya adalah orang yang bahasa ibunya bukan
bahasa Inggris. Ada beberapa tahapan pada tes ini. Mari kita bahas satu per
satu beserta strategi dalam persiapan maupun saat mengerjakannya :
LISTENING
COMPREHENSION (50 SOAL ; 40 MINUTE)
Seperti
namanya, maka pada tahapan ini, peserta diminta untuk mampu memahami rekaman
suara yang dimainkan oleh panitia. Telah
disediakan juga pilihan jawaban atas pertanyaan yang diajukan juga dalam rekaman
ersebut. Ada tiga jenis rekaman yang akan peserta dengarkan yaitu sebagai
berikut :
LISTENING A ( SHORT
CONVERSATION)
1. Fokus mendengarkan dan
memahami perkataan orang kedua.
2. Usahakan mendengar
sambil melihat pilihan jawaban.
2. Saat menjawab, hindari
pilihan jawaban yang bunyinya sama dengan yang ada di dalam percakapan karena
itu biasanya hanya jebakan. Maka, pilihlah jawaban yang berbeda bahasanya,
namun sama maknanya.
LISTENING B ( LONG
CONVERSATION)
1. Fokus mendengarkan dan
memahami perkataan orang pertama.
2. Usahakan mendengar
sambil melihat pilihan jawaban.
3. Saat menjawab, utamakan
pilihan jawaban yang bahasanya sama dengan yang ada di dalam percakapan.
LISTENING C
(MONOLOGUE)
1. Fokus mendengarkan dan
memahami.
2. Usahakan mendengar
sambil melihat pilihan jawaban sehingga tergambar pertanyaan yang akan
diberikan. Lalu, kita akan fokus mengingat dan memahami bagian rekaman yang
mungkin menjadi jawaban atas hal yang akan ditanyakan.
STRUCTURE
AND WRITTEN EXPRESSION (40 SOAL ; 25 MINUTE)
Pada
tahapan ini, peserta diharapkan mampu memahami tata bahasa atau grammar
sehingga dapat mengisi bagian yang rumpang maupun mengetahui kesalahan
dari tata bahasa yang disajikan.
STRUCTURE
1. Sebelum tes, pelajarilah
kelas kata sehingga kita dapat membedakan kata atau frasa tersebut termasuk
subject, verb, object, atau complement.
2. Ketika bertemu soal,
pahamilah kelas kata dalam kalimat. Carilah kelas kata yang kurang dalam
kalimat tersebut.
3. Lalu, buanglah pilihan
jawaban yang tidak sesuai dengan kelas kata yang kurang dalam kalimat tesebut.
4. Pilihlah jawaban yang
sesuai dengan kelas kata dan konteks kalimat tersebut.
WRITTEN
1. Ketika bertemu soal, perhatikanlah
kelas kata dari kata-kata yang digarisbawahi.
2. Pilihlah jawaban berupa
kata yang tidak sesuai dengan konteks kalimat ataupun yang kelas katanya tidak
sesuai dengan kalimat tersebut.
READING
COMPREHENSION (50 SOAL ; 55 MINUTE)
Seperti
namanya, maka pada tahapan ini, peserta akan membaca dan memahami beberapa teks
bacaan dengan berbagai topik. Ada beberapa hal yang akan dipertanyakan seperti
topik, ide utama, arti kata atau frasa, persamaan kata atau frasa, rujukan atas
kata ganti yang diungkapkan, maupun informasi detail yang berkaitan dengan
bacaan tersebut. Berikut adalah strategi dalam mengerjakan tahapan ini :
1. Akan terdapat kosa kata
yang sulit dalam teks. Namun, usahakan memahami isi teks secara keleluruhan
agar dapat dikaitkan dengan kosa kata yang sulit itu.
2. Agar seimbang dan
efisien, kita bisa membaca soal dahulu baru menuju teks untuk mencari
jawabannya atau membaca cepat dengan fokus memperhatikan baris pertama setiap
paragraf, lalu membaca soal dan menjawabnya.
3. Atur waktu dalam
mengerjakan setiap soal sehingga semua soal dapat terjawa. Bahkan, kita bisa
kembali untuk memeriksanya. Karena tidak ada pengurangan poin, maka lebih baik
menjawab semua pertanyaan daripada kosong.
Komentar
Posting Komentar