Strategy of TOEFL

 

Sebelum itu, mari kita bahas sedikit mengenai TOEFL (Test of English as a Foreign Language) itu sendiri. TOEFL adalah tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang yang bahasa asingnya termasuk bahasa Inggris. Jadi, pesertanya adalah orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Ada beberapa tahapan pada tes ini. Mari kita bahas satu per satu beserta strategi dalam persiapan maupun saat mengerjakannya :

 

LISTENING COMPREHENSION (50 SOAL ; 40 MINUTE)

Seperti namanya, maka pada tahapan ini, peserta diminta untuk mampu memahami rekaman suara yang dimainkan oleh panitia.  Telah disediakan juga pilihan jawaban atas pertanyaan yang diajukan juga dalam rekaman ersebut. Ada tiga jenis rekaman yang akan peserta dengarkan yaitu sebagai berikut :

 

LISTENING A ( SHORT CONVERSATION)

1. Fokus mendengarkan dan memahami perkataan orang kedua.

2. Usahakan mendengar sambil melihat pilihan jawaban.

2. Saat menjawab, hindari pilihan jawaban yang bunyinya sama dengan yang ada di dalam percakapan karena itu biasanya hanya jebakan. Maka, pilihlah jawaban yang berbeda bahasanya, namun sama maknanya.

 

LISTENING B ( LONG CONVERSATION)

1. Fokus mendengarkan dan memahami perkataan orang pertama.

2. Usahakan mendengar sambil melihat pilihan jawaban.

3. Saat menjawab, utamakan pilihan jawaban yang bahasanya sama dengan yang ada di dalam percakapan.

 

LISTENING C (MONOLOGUE)

1. Fokus mendengarkan dan memahami.

2. Usahakan mendengar sambil melihat pilihan jawaban sehingga tergambar pertanyaan yang akan diberikan. Lalu, kita akan fokus mengingat dan memahami bagian rekaman yang mungkin menjadi jawaban atas hal yang akan ditanyakan.

 

STRUCTURE AND WRITTEN EXPRESSION (40 SOAL ; 25 MINUTE)

Pada tahapan ini, peserta diharapkan mampu memahami tata bahasa atau grammar  sehingga dapat mengisi bagian yang rumpang maupun mengetahui kesalahan dari tata bahasa yang disajikan.

 

STRUCTURE

1. Sebelum tes, pelajarilah kelas kata sehingga kita dapat membedakan kata atau frasa tersebut termasuk subject, verb, object, atau complement.

2. Ketika bertemu soal, pahamilah kelas kata dalam kalimat. Carilah kelas kata yang kurang dalam kalimat tersebut.

3. Lalu, buanglah pilihan jawaban yang tidak sesuai dengan kelas kata yang kurang dalam kalimat tesebut.

4. Pilihlah jawaban yang sesuai dengan kelas kata dan konteks kalimat tersebut.

 

WRITTEN

1. Ketika bertemu soal, perhatikanlah kelas kata dari kata-kata yang digarisbawahi.

2. Pilihlah jawaban berupa kata yang tidak sesuai dengan konteks kalimat ataupun yang kelas katanya tidak sesuai dengan kalimat tersebut.

 

READING COMPREHENSION (50 SOAL ; 55 MINUTE)

Seperti namanya, maka pada tahapan ini, peserta akan membaca dan memahami beberapa teks bacaan dengan berbagai topik. Ada beberapa hal yang akan dipertanyakan seperti topik, ide utama, arti kata atau frasa, persamaan kata atau frasa, rujukan atas kata ganti yang diungkapkan, maupun informasi detail yang berkaitan dengan bacaan tersebut. Berikut adalah strategi dalam mengerjakan tahapan ini :

1. Akan terdapat kosa kata yang sulit dalam teks. Namun, usahakan memahami isi teks secara keleluruhan agar dapat dikaitkan dengan kosa kata yang sulit itu.

2. Agar seimbang dan efisien, kita bisa membaca soal dahulu baru menuju teks untuk mencari jawabannya atau membaca cepat dengan fokus memperhatikan baris pertama setiap paragraf, lalu membaca soal dan menjawabnya.

3. Atur waktu dalam mengerjakan setiap soal sehingga semua soal dapat terjawa. Bahkan, kita bisa kembali untuk memeriksanya. Karena tidak ada pengurangan poin, maka lebih baik menjawab semua pertanyaan daripada kosong.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AFTER..., USE...

Use The Connectors

PREPOSITION